Harga Tiket Masuk Di Beberapa Tempat Wisata Bali Naik Drastis

Bali Review

“Kenaikan harga tiket masuk ke total tempat wisata adalah hal biasa, kami tidak perlu khawatir. Industri yang penting adalah kepastian kapan pun diberlakukan,” kata Ketua Umum Asosiasi Agen Perjalanan dan Perjalanan Indonesia (ASITA) saat ditemui di kantor Gubernur Bali, Jl Basuki Rahmat, Denpasar, Bali, Jumat (24/5/2019). Ardana mengatakan bahwa para anggota biasanya menggunakan kontrak dengan mitra luar negeri sekitar 3 bulan hingga satu tahun sebelum perjalanan. Dia juga menyesalkan kenaikan yang dilakukan pada pertengahan tahun.

“Anggota kami bekerja dengan membuat kontrak dengan mitra mereka di luar negeri, biasanya mulai 1 April hingga Maret tahun berikutnya, atau Eropa November ke Desemeber. Misalnya, jika sudah menandatangani, dan di tengah jalan pasti akan mengalami kerugian,” jelasnya. Dinas Pariwisata Badung mengaku telah mensosialisasikan aturan ini sejak akhir tahun lalu. Ardana mengatakan bahwa biro perjalanan akhirnya mengundurkan diri untuk menyelamatkan kelompok-kelompok turis yang telah menyetujui kontrak.

Baca juga: Keindahan Pemandangan Dipulau Samosir Danau TOBA

“Saya punya waktu untuk berkomunikasi dengan kepala departemen, itu palu dan tidak bisa diubah. Sekarang ini bulan Mei dan ada dua bulan kami memiliki komunikasi dengan mitra luar. Ini adalah masa berlaku, jadi jika kenaikan harga tidak menjadi masalah,” jelasnya. Ardana juga menunjukkan bahwa biasanya pengusaha mengumpulkan perjalanan senilai USD 5-10 per orang. Jika dilihat dari kenaikan harga tiket, harga rata-rata tidak mencapai Rp20 ribu atau USD2 dari hasil perhitungan nilai kenaikan harga.

“Hanya saja apa yang kami khawatirkan di banyak objek wisata. Jika Anda telah menyetujui kontrak, itu tidak dapat diubah, karena mereka telah mempromosikannya berdasarkan harga kami,” jelasnya. “Kami dapat mengubah harga dengan mitra kami. Kami (yang) menutupinya, untungnya itu tidak terlalu tinggi dan provokasi kami menurun, kami masih bersyukur,” lanjutnya.

travel bali

Meski begitu, dia mengatakan kenaikan ini tidak akan mempengaruhi jumlah kunjungan wisatawan ke Pulau Dewata. Karena, pesona Bali bersifat global. “Itu tidak akan berdampak pada kunjungan wisatawan. Itu adalah tujuan besar Bali di dunia,” katanya.

Baca juga: Pantai Selatan Jawa Larangan Mitos Tidak Bole Memakai Baju Hijau

Dilaporkan sebelumnya, kenaikan harga tiket masuk wisatawan akan diberlakukan pada 1 Juli 2019. Penyesuaian tarif sesuai dengan Peraturan Bupati Badung nomor 17 tahun 2019 tentang penilaian Tarif Retribusi Tempat Rekreasi dan Olah Raga. Berikut ini adalah daftar biaya masuk untuk objek wisata di wilayah Badung pada 1 Juli 2019:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Support by togel hongkongmegapoker99poker99poker99